Inilah Cara Membedakan Demam Biasa dengan Demam Berdarah

Inilah Cara Membedakan Demam Biasa dengan Demam Berdarah

Akhir - akhir ini sering dibicarakan di media sosial, media cetak, ataupun media televisi mengenai mereka-mereka yang menderita demam berdarah. Seperti yang kita tahu, Indonesia saat ini sudah masuk musim penghujan, dimana pada musim ini merupakan musim yang sangat baik untuk perkembangan nyamuk, kenapa? karena banyak sekali wadah-wadah yang dapat menampung air, akhirnya nyamuk dapat bertelur disana dan dapat berkembang biak. 

Nah sekarang pertanyaannya apa sih demam berdarah itu?
Jadi penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh infeksi virus Dengue dan perantaranya adalah nyamuk Aedes Aegypti yang biasanya menggigit manusia adalah yang betina, bukan berarti nyamuk ini genit ya tetapi karena nyamuk betina ini membutuhkan protein yang bersumber dari darah manusia atau dari darah binatang lain  agar dapat bertelur dengan baik.

Jam kerja nyamuk ini hampir sama atau mirip dengan manusia, jadi mereka bekerja mencari darah dari jam 9 pagi sampai sore hari. Jika anda penasaran dengan bentuk nyamuk Aedes Aegypti ini, maka gambar diatas adalah wujud dari nyamuk tersebut. Jadi tubuhnya khas yang mana memiliki corak atau loreng putih berupa bintik-bintik dan berukuran kecil serta biasanya tinggal di tempat yang teduh.

Setelah kita mengetahui apa itu demam berdarah, sesuai judul kita akan membahas mengenai cara membedakan demam biasa dengan demam berdarah

Untuk demam biasa, biasanya suhu badan tidak terlalu tinggi namun untuk demam berdarah cenderung suhu tinggi dan muncul ruam atai bintik-bintik kemerahan di kaki atau tangan. Hal ini dikarenakan penderita DBD biasanya trombosit atau pembekuan darahnya turun dan juga biasanya juga mengakibatkan gusi gigi berdarah, mimisan, dan buang air besar bisa sampai berdarah.

Bahkan penderita DBD bisa mengalami nyeri sendi, nyeri otot, kepala pusing, sedangkan demam biasa hanya dibarengi dengan pilek. Untuk penyebab demam biasa ini sendiri banyak faktor sehingga seseorang menjadi demam, contohnya karena terinfeksi bakteri dan virus. Kebanyakan virus yang menyerang adalah virus Influenza atau juga karena tipes.

Karena penyakit demam biasa dan demam berdarah penyebeb dan kondisinya berbeda, maka cara penanganannya juga berbeda terutama demam biasa yang hanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Untuk penyakit demam berdarah, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah dengan terapi cairan yang adekuat, apalagi untuk penderita DBD yang stagenya sudah tinggi, maka sangat dianjurkan untuk dirawat inap di rumah sakit supaya cairan dalam tubuh selalu tercukupi. Sedangkan untuk demam biasa cukup diberi obat penurun panas dan antibiotik, serta sangat dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan makan yang teratur agar kebutuhan cairan dan gizi dalam tubuh tetap tercukupi.


0 Response to "Inilah Cara Membedakan Demam Biasa dengan Demam Berdarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel