Manakah yang lebih baik? Susu Kedelai atau Susu Sapi? Yuk Simak Infonya

Manakah yang lebih baik? Susu Kedelai atau Susu Sapi? Yuk Simak Infonya

Jika kita membicarakan mengenai susu kacang atau susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi memang tak ada habisnya. Karena ternyata dua-duanya memang punya manfaat yang berbeda meskipun mirip dari bentuk dan teksturnya. Untuk susu kedelai ini sendiri sebenernya bukan susu, namun karena teksturnya yang mirip susu maka ia disebut demikian. 

Nah disini kita akan membahas sebenarnya lebih baik mana sih gizi antara sari atau susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi. Selain dari teksturnya, susu kedelai juga memiliki warna yang sedikit kecoklatan dibandingkan susu sapi. Jika kita bertanya-tanya mengenai kandungan gizi yang lebih bagus atau yang lebih sehat, sebenarnya keduanya sama-sama sehat dan saling mengisi, kemudian walaupun seseorang lebih sering mengonsumsi susu sapi ataupun susu kedelai, maka tetap harus dilengkapi dengan gizi lainnya, baik itu sayur, buah, ikan, daging dan dari nasi. 

Dan juga secara ringkasnya susu sapi mengandung laktosa yang tidak dianjurkan bagi orang yang alergi, sehingga banyak juga yang lebih memilih susu kedelai hanya demi menghindari kandungan laktosa ini. Karena dampak laktosa bagi orang yang alergi bisa-bisa terkena diare, gatal-gatal, dan mual. Jadi jika tidak bisa mengonsumsi susu sapi maka bisa beralih ke susu kedelai karena kandungan gizi dari kedua susu ini hampir sama.

Dalam kandungan protein, kedelai yang di fortifikasi atau dalam artian masih murni, maka kandungan proteinnya hanya berbeda 1 hingga 2 poin saja dibanding susu sapi. 4 sampai 5 gram protein yang terkandung dalam susu kedelai maka untuk susu sapi kandungan proteinnya bisa dari 5 sampai 6 gram. Namun kandungan lemak jenuhnya tentu lebih tinggi susu sapi, dan didalam susu kedelai ini juga ternyata banyak antioksidan yang tentu saja sangat bagus untuk menangkal radikal bebas.

Banyak juga yang beranggapan bahwa kedelai atau kacang-kacangnan itu tidak bagus untuk perempuan, apa benar? Yap hal ini dikarenakan kedelai atau kacang-kacangan dapat mempengaruhi faktor esterogen dalam tubuh, yang mana pada kedelai juga memiliki senyawa yang mirip dengan esterogen pada tubuh wanita. Apalagi jika anda memiliki resiko terhadap kanker, maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai atau kacang-kacangan ini ya.

Tetapi yang pasti, susu kedelai ini mempunyai lemak jenuh yang jauh lebih rendah dari susu sapi ya dan tentunya banyak manfaatnya.

Jadi kembali lagi, jika ditanya mana yang lebih baik susu kedelai atau susu sapi? maka kembali lagi ke individu masing-masing. Jika ada intoleransi atau tidak bisa mentoleransi kandungan laktosa pada susu sapi, maka susu kedelai bisa di jadikan opsi. Dan juga rasa dari kedua susu ini memiliki rasa yang berbeda, jadi tergantung selera juga ya.

0 Response to "Manakah yang lebih baik? Susu Kedelai atau Susu Sapi? Yuk Simak Infonya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel