Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang muncul karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Memang jerawat bukanlah suatu penyakit yang dapat mematikan namun faktanya bahwa jerawat dapat merusak penampilan seseorang sehingga membuat mereka kurang percaya diri.Dan karena kurang percaya diri lalu ingin cepat menghilangkannya dengan melakukan berbagai cara yang bisa saja bukan menghilangkan tetapi malah merusak wajah.


Umumnya jerawat muncul pada masa pubertas yang disebabkan karena tidak adanya keseimbangan hormon, serta pembentukan hormon-hormon dewasa, hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous kelenjar penghasil sebum pada kulit menjadi lebih aktif. Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum minyak pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori. Penyebab lain munculnya jerawat adalah akibat sel-sel kulit mati, bakteri, kosmetik, obat-obatan, stres.



Dalam melakukan upaya menghilangkan jerawat, maka anda perlu memerhatikan beberapa jenis atau tipe jerawat agar tidak salah dalam penanganannya.

1. Komedo
Jenis jerawat yang pertama adalah jerawat blackhead atau komedo terbuka. Jerawat ini serupa dengan jerawat whitehead, yang menjadikannya berbeda adalah puncak atau kepala jerawat ini terbuka dan terekspos udara bebas. Udara mengoksidasi sebum dan keratin yang terperangkap dalam lapisan kulit sehingga menyebabkan jerawat ini berwarna hitam sesuai namanya.

2. Jerawat batu
Yang kedua adalah jerawat batu atau cyst. Tidak seperti kedua jerawat di atas jerawat ini diikuti peradangan yang hebat. Peradangan biasanya terjadi karena dinding folikel terpecah dan mengeluarkan cairan ke kulit. Nah, sistem kekebalan kita akan bereaksi terhadap proses tersebut sehingga timbulah radang.

3. Jerawat Biasa
Jenis jerawat yang ketiga adalah jerawat whitehead komedo yang tertutup. Jerawat ini disebabkan karena pori-pori yang tersumbat namun tidak mengalami peradangan. Whitehead biasanya terperangkap di bawah permukaan kulit dan tertutupi pori-pori. Biasanya jerawat ini berwarna seperti kulit dan sedikit menonjol dengan warna kepala berwarna putih kemerahan.

Nah setelah anda mengenal jenis - jenis jerawat, dibawah ini adalah beberapa tips dalam mengatasi jerawat anda.

  • Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Pepaya
Telah banyak penelitian yang menghubungkan daun pepaya dengan berbagai masalah kesehatan terutama demam malaria. Nah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat membandel yang tidak kunjung sembuh. Koq bisa ? Iy daun pepaya sangat banyak kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan efek pada kulit, termasuk sangat ampuh menghilangkan jerawat. Bagaimana cara menggunakannya?

Cara penggunaan daun pepaya paling efektif adalah dengan membuatkan pasta, caranya.

    Ambil 4-5 lembar daun pepaya
    Jemur dan keringkan
    Setelah kering tumbuk dan campurkan dengan sedikit air
    Setelah menjadi pasta oleskan pada jerawat 10-30 menit
    Bilas dengan air bersih
    Lakukan pada malam hari
    Rasakan perbedaannya selama 1 minggu treatment.

  • Menghilangkan Jerawat Dengan Es batu
Es batu merupakan salah satu herbal yang dapat anda gunakan untuk membantu membasmi jerawat pada wajah yang membandel. Bagaimana es batu bekerja untuk menghilangkan jerawat ? Es batu dapat dengan cepat membantu membasmi jerawat dengan meningkatkan sirkulasi darah pada lokasi jerawat berada. Lancarnya peredaran darah, dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Es batu juga dapat membantu pembekuan pori pori yang terbuka lebar kulit, membunuh bakteri,menghilangkan minyak yang menumpuk pada kulit wajah dan membantu menghilangkan kotoran pada kulit. Efek ini sangat penting untuk membantu menghilangkan jerawat pada waja secara alami.

Cara Penggunaan :

    Ambil es batu secukupnya (pastikan es dibuat dari air bersih dan steril)
    Bungkus dengan sepotong kain bersih
    Letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik.
    Tunggu beberapa menit dan ulangi proses tersebut 10 sampai 20 x.
    Lakukan secara rutin sampai jerawat kempes.

Dengan menggunakan es batu berulang kali di wajah, maka ia akan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan jerawat tersebut, hasil akhirnya tentu jerawat akan mulai kempes dan hilang serta menenangkan kulit wajah.

  • Menghilangkan Jerawat Dengan Madu
Madu adalah salah satu herbal yang dapat digunakan untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Apa fungsi madu untuk jerawat pada wajah ? madu merupakan herbal yang memiliki zat antibiotik sangat tinggi yang dapat membantu anda mencegah infeksi serta proses penyembuhan pada kulit.

Cara Penggunaan 1

    Oleskan madu pada kapas kecantikan (steril)
    Letakkan pada jerawat wajah anda
    Biarkan kurang lebih 30 menit
    Bilas dengan air suam-suam

Cara Penggunaan 2

    Sediakan kayu manis dan madu secukupnya
    Buat pasta dengan perpaduan kayu manis dengan madu
    Letakkan pada lokasi jerawat sebelum tidur
    Pagi hari bilas dengan air secukupnya.

Catatan : Madu tidak cocok untuk kulit yang sensitif, jika anda ragu sebaiknya tidak usah gunakan cara ini

  • Menghilangkan Jerawat Dengan Uap
Mungkin anda sedikit bingung dengan cara yang satu ini, iya memang uap telah dimanfaatkan di eropa untuk masalah kecantikan seperti wajah dan rambut. Terkait dengan jerawat, uap akan membantu membuka pori-pori bagian muka, yang tentu dapat membantu agar kulit dapat bernafas. Uap akan membantu menyingkirkan minyak, bakteri, dan kotoran yang terperangkap dalam pori pori (semuanya adalah penyebab jerawat) hingga menjadikan kulit wajah dan jerawat dapat amblas.

Cara Penggunaan:

    Isi wadah dengan air panas.
    Letakkan wajah anda di atas wadah terasebut.
    Biarkan selama beberapa menit
    Lakukan 5-10 kali per treatment
    Bilas dengan air hangat
    Agar lebih optimal, oleskan dengan pelembab bebas minyak.

Nah demikianlah beberapa tips dalam mengatasi jerawat. Untuk memaksimalkan tips diatas agar jerawat anda tidak timbul lagi, usahakanlah hidup bersih dan rawat lah wajah anda dengan baik agar tidak terjadi masalah sama lagi yaitu timbulnya jerawat. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa like,komen dan share ya...

Jangan lupa like ya - Sehat Tiap Saat

2 Responses to "Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah"

  1. gan kok ane jerawatnya tetep ada ya gan??? padahal udah ikutin stepnya ??? oya kunjungi blg ane ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merawat jerawat nggak bisa instan gan, butuh waktu...
      kalo di terapkan sehari - hari insya Allah bisa hilang gan, terima kasih komentarnya :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel