Yakin Cara Menyimpan Sayur Dan Buah Kamu Udah Bener? Yuk Cek Tipsnya Agar Tetap Fresh

Yakin Cara Menyimpan Sayur Dan Buah Kamu Udah Bener? Yuk Cek Tipsnya Agar Tetap Fresh

Saat anda membeli buah dan sayur, tentu terkadang ada buah yang langsung siap untuk disajikan dan ada juga yang ingin disimpan dan tetap tahan lama. Sebagai seorang ibu rumah tangga, mempersiapkan makanan untuk keluarga tentu biasanya berbelanja banyak sekaligus atau partai besar, suapya tidak repot-repot lagi kepasar setiap hari. Namun terkadang timbul masalah baru, yaitu sayuran dan buah-buahannya menjadi layu, busuk, dan berjamur, jadi tidak segar lagi deh.

Nah untuk anda yang sedang mengalami masalah ini, maka artikel ini cocok untuk anda. 

1. Daun Bawang

Misalkan daun bawang, jika membeli dalam jumlah banyak dan ingin awet dalam satu minggu maka bisa disimpan dengan cara dipotong terlebih dahulu daun bawangnya tanpa dicuci, lalu dimasukkan kedalam botol yang kering dan ditutup rapat, selanjutnya bisa disimpan didalam kulkas.

2. Selada dan Brokoli

Lalu Selada dan Brokoli, cara yang mudah agar selada dan brokoli bisa awet dan tetap segar 2 hingga 3 minggu adalah dengan cara ditutup dengan Aluminium Foil lho. bahkan jika diletakkan dalam kulkas yang barangnya tidak begitu banyak dan ditutup aluminium foil dengan rapat dan benar, maka maksimal bisa bertahan sampai 1 bulan. Nggak percaya? coba dulu deh hehe

3. Bawang Merah dan Bawang Bombai

Membuat masakan tanpa  menyertakan bawang dalam penyajiannya tentu terasa kurang dong. Nah jika bawang ini tidak disimpan dengan benar, maka bisa-bisa membusuk ataupun bertunas. Jadi disarankan banget untuk menyimpan bawang ini didalam ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Dan bawang ini jangan disimpan dengan buah atau sayur yang lain, karena akan  merangsang pertumbuhan tunas tadi.

4. Apel dan Kentang

Percaya nggak percaya, ternyata jika kentang di taruh dekat dengan buah apel, maka kentang ini bisa bertahan lebih lama lho. Hal ini dikarenakan ada senyawa yang dikeluarkan oleh apel dan mengakibatkan kentang ini bisa lebih awet. Tetapi hal yang perlu diingat bahwa kentang ini tidak bisa disimpan didekat bawang ya, karena ternyata proses pertumbuhan tunas bawang bisa makin cepat. 

5. Keju

Pernah nggak sih kalo habis menggunakan keju terus sisanya disimpan lalu menjadi kering? Nah solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengolesi bagian potongan keju tersebut dengan mentega, lalu ditutup kembali dengan aluminium foil. Fungsi dari mentega sendiri untuk melapisi potongan keju agar tidak mengering.

6. Buah Strawberry

Nah untuk buah Strawberry sendiri agar bisa bertahan lama dan tidak berjamur, maka bisa ditambahkan dengan yang namanya cuka apel dengan air biasa. Untuk perbandingan campurannya yaitu 1 untuk cuka apel dan 10 untuk air biasa. Setelah cuka apel dan air biasa tadi dicampurkan, selanjutnya masukkan buah Strawberry tersebut kedalam campuran air tadi. Selanjutnya, pisahkan Strawberry tersebut kedalam mangkuk atau piring yang bersih, lalu bisa disimpan deh. Cara ini berfungsi untuk mempertahankan bagian luar Strawberry agar tidak cepat berjamur.

7. Buah Pisang

Seperti yang kita tahu, bahwa buah yang satu ini cepat sekali matangnya, bahkan dalam beberapa hari saja bisa-bisa sudah terlalu matang dan berubah warna menjadi gelap dan merasa segan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan si pisang mempunyai suatu zat yang namanya Epilen yang berfungsi untuk mempercepat kematangan si pisang itu sendiri. Biasanya zat ini keluar melalui ujung pisang, jadi agar bisa awet sangat disarankan untuk menutup rapat ujung pisang tersebut dengan plastik yang agar prosesnya menjadi lambat.

Nah inilah beberapa tips agar buah dan sayur anda yang ada dirumah bisa bertahan lebih lama. Untuk sayur dan buah yang  lain, nanti akan kami buatkan artikel lagi deh biar tahu bagaimana cara penyimpannya yang baik dan benar. JIka anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk di share ya, terima kasih

0 Response to "Yakin Cara Menyimpan Sayur Dan Buah Kamu Udah Bener? Yuk Cek Tipsnya Agar Tetap Fresh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel