8 Gizi Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat

8 Gizi Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat

Bagi anda yang sedang berusaha hamil ataupun sedang hamil, maka tips dibawah ini mungkin dapat membantu anda agar tetap sehat baik untuk si calon bayi ataupun sang bunda. Nah berikut adalah 8 gizi untuk ibu hamil agar janin sehat

1. Vitamin
Kita tahu bahwa vitamin banyak sekali macam - macamnya dan pastinya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita. Dan seua makanan yang mengandung vitamin tentu saja sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan, vitamin dapat menjaga keshatan gigi, menjaga kesehatan organ tubuh dan membantu pertumbuhan tulang si bayi.

2. Kalori
Kalori atau hidrat arang dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber zat tenaga. Pada wanita hamil kebutuhan kalori lebih banyak di banding saat tidak hamil yaitu 300 - 340 gram pada trimester pertama dan naik menjadi 450 gram pada trimester ke dua. Jumlah penambahan kalori juga disesuaikan dengan berat badan ibu.

Lihat Juga : Daftar Buah Dan Sayuran Yang Sehat

3. Protein
sebelum hamil, kebutuhan energi seorang wanita sekitar 1.900 kkal dengan kebutuhan protein sekitar 50 gram per hari. Ketika hamil pada trimester pertama, kebutuhan energinya meningkat menjadi 2.080 kkal serta kebutuhan protein menjadi 68 gram per hari. Kemudian pada trimester kedua dan ketiga, kebutuhan energinya meningkat menjadi 2.200 kkal.

Begitu juga dengan kebutuhan zat-zat gizi lainnya. Misalnya, kebutuhan lemak bagi ibu hamil seperlima dari total kebutuhan energinya. Zat-zat gizi lain yang juga berperan penting seperti folat, kalsium, zat besi, zat seng, vitamin A dan sebagainya pun turut meningkat.

4. Zat Besi
Zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan janin. Tidak hanya itu saja, dengan mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil.

5. Asam Folat
Tidak diragukan lagi, asam folat adalah pahlawan bagi wanita selama kehamilan, termasuk wanita yang sedang berusaha untuk hamil. Jumalh asupan asam folat yang disarankan untuk ibu hamil atau sedang berusaha hamil adalah

400 mcg per hari dianjurkan bagi wanita yang sedang berusaha untuk hamil
400 mcg per hari dianjurkan selama tiga bulan pertama kehamilan
600 mcg per hari dianjurkan dari bulan keempat untuk bulan kesembilan kehamilan
500 mcg per hari dianjurkan selama masa menyusui

6. Kalsium
Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kekuatan pada tulang dan gigi. selain itu kalsium juga memiliki peran yang penting untuk mendukung kesehatan otot tubuh, sistem syaraf, dan kesehatan jantung. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi akan meningkatkan kesehatan secara umum. Mineral kalsium akan disimpan dalam tulang namun mineral ini akan keluar lewat aliran darah jika dibutuhkan oleh tubuh. jadi, tetap penting untuk menyimpan cadangan kalsium dari berbagai jenis makanan.

7. Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung adalah sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C. Kehamilan membuat ibu hamil kurang zat besi. Asupan sayur bayam akan membantu ibu mengatasi kekurangan zat besi.

8. Nasi Merah
Nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Di samping itu nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B diperlukan untuk kesehatan sistem saraf dan produksi sel-sel darah merah. Saat hamil, volume darah meningkat 40-40 persen.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan baik untuk si bayi maupun untuk sang bunda. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa share ya  ^_^


0 Response to "8 Gizi Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel