Manfaat Ketumbar Untuk Penyakit Jantung

Serangan Jantung

Penyakit Jantung atau dalam bahasa medis disebut jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Hal ini diduga akibat adanya tumpukan kolesterol dan peradangan pada pembuluh darah. Tumpukan kolesterol (plak) akan mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung menjadi tersumbat. Kurangnya aliran darah ini akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada dan sesak nafas, hingga suatu saat terjadi hambatan total yang disebut dengan serangan jantung. 

Baru-baru ini sempat ada kabar bahwa ketumbar telah terbukti efektif untuk membantu mengobati penyakit jantung secara alami. Ketumbar sendiri adalah salah satu remah pilihan yang cukup populer di Indonesia, berbagai jenis masakan tradisional kerap menggunakan rempah ini untuk menghasilkan aroa masakan yang lebih nyata. Disisi lain penggunaannya sebagai bumbu masakan, ketumbar diyakini dapat membantu mengobati penyakit jantung. 

Manfaat Ketumbar

Manfaat ketumbar untuk penyakit jantung yaitu, berdasarkan pada kemampuannya yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memasukkan ketumbar kedalam menu diet dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam satu percobaan pada hewan, terjadi penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol sehat (HDL) yang signifikan diantara dua subjek yang diberi biji ketumbar. Sehingga jika kadar kolesterol menurun, maka resiko serangan jantung pun berkurang. 

Salah satu cara yang efektif untuk membuat biji ketumbar menjadi obat penyakit jantung adalah dengan merebus biji ketumbar tersebut dan memanfaatkan air rebusannya. Untuk cara membuatnya cukup simple :
  • Ambil biji ketumbar secukupnya, lalu masukkan kedalam teko
  • Selanjutnya tambahkan air bersih secukupnya
  • Rebuslah biji ketumbar tersebut hingga mendidih
  • Setelah mendidih, saring biji ketumbar dengan airnya
  • Tunggu agar sedikit adem, kemudian air rebusan tadi dapat langsung diminum
  • Jika ingin dalam kondisi dingin juga tidak apa2
Hal yang perlu diingat, konsumsilah air rebusan atau ketumbar secukupnya, hal ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Bila perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang berkompeten terhadap penyakit jantung. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan untuk di share ya, terima kasih1

0 Response to "Manfaat Ketumbar Untuk Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel