Penyakit Herpes Zoster Berbahaya? Yuk Ketahui Info Lengkapnya




Herpes Zoster merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus Varicella-Zoster, yang mana prosesnya dengan masuk ketubuh manusia kepada orang yang biasanya belum pernah terkena penyakit cacar air yang akan menjadi cacar air terlebih dahulu. jadi virus Varicella-Zoster yang masuk ketubuh tidak akan langsung menjadi Herpes Zoster, melainkan menjadi cacar air lalu berdiam diri pada sumsum tulang belakang. Jika imun pada tubuh kurang fit, maka penyakit herpes ini akan bisa muncul.

Lalu bagaimanakah cara pencegahan terhadap Hespes Zoster ini?
Jadi cara pencegahan Hespes Zoster yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita, intinya imunitas pada tubuh kita harus di tingkatkan. Caranya bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan hindari merokok dan alkohol.

Sedangkan bentuk dari Herpes Zoster ini sendiri biasanya timbul lepuh-lepuh dari punggung hingga ke dada tengah sesuai dengan Dermatom saraf, gejala awal biasanya cuma nyeri lalu beberapa hari akan timbul kemerahan dan kemudian menjadi lepuh berisi air dan bentuk khas sekali yaitu berkelompok seperti cacar air namun tidak diseluruh tubuh.  Jadi penyakit ini hanya akan menyebar melalui jalur dermatof saraf saja dan berkelompok.

Untuk  penanganan yang tepat memang yang terutama adalah dengan meningkatkan imun tubuh, lalu karena dia berbentuk virus, maka dokter tentu akan memberikan obat antivirus Varicella-Zoster dan diberikan obat anti nyeri.

Biasanya, seseorang yang sudah terkena penyakit ini, akan sangat jarang sekali terkena Herpes Zoster kembali.  Perlu diingat bahwa penyakit ini bisa menular lho, tetapi biasanya yang tertular adalah orang yang belum pernah terkena penyakit cacar sebelumnya.  Orang yang tertular tidak langsung menjadi Herpes Zoster melainkan cacar air.

Intinya, Virus Herpes Zoster bukanlah virus yang berbahaya, namun hanya akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh yang terinfeksi dan timbul lepuh-lepuh. Jadi cara agar terhindar dari virus ini adalah dengan meningkatkan daya tubuh kita ya, jangan memaksakan diri anda hingga terlampau stres dan kurang tidur, karena bisa-bisa tanpa kita sadari virus ini dapat menyerang tubuh kita.

Oke Terimakasih ya telah mengunjungi web kami, semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa ya untuk mensupport kami agar bisa memberikan  info update mengenai kesehatan dengan cara share artikel ini, gratis kok :) terima kasih

0 Response to "Penyakit Herpes Zoster Berbahaya? Yuk Ketahui Info Lengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel